Monday 25 January 2016

3 fakta zinedine zidane, sang seniman sepakbola

zidane saat bermain buat real madrid.
Zinedine Yazid Zidane saat ini dikenal sebagai pelatih Real Madrid yang menggantikan Rafael Benitez, yang baru saja membawa Real Madrid mendapatkan hasil imbang melawan tuan rumah Real Betis dengan skor 1-1 kemarin pada tanggal 24/01/2016. Sebelumnya Zidane merupakan legenda Real Madrid yang juga merupakan pelatih Real Madrid Castilla atau akademi Real Madrid yang bermain di segunda divisi atau kasta kedua liga Spanyol. Berikut 3 fakta mengenai Zinedine Zidane

1. Zidane lahir dari keluarga imigran Aljazair
           Zinedine Yazid Zidane atau yang lebih dikenal dengan zizou lahir pada tanggal 23 juni 1972 di la castellane, sebuah kawasan dibagian utara kota Marseille. Pria bernama lengkap Zinedine Yazid Zidane merupakan anak bungsu dari lima bersaudara pasangan Ismail dan Malika. orangtua Zidane merupakan imigran asal Aljazair. Keadaan memaksa Ismail dan Malika meninggalkan Taguemoune, kampung halaman mereka di Aljazair.
          Seperti kebanyakan warga Taguemoune, keduanya memutuskan hidup di Perancis. Awal tahun 1960, Ismail dan Malika menapakkan kaki di Paris. Akan tetapi, kehidupan di Paris yang keras memaksa Ismail meninggalkan kota itu. Setelah berunding dengan Malika, Ismail pindah ke Marseille. Disana mereka bertemu dengan puluhan imigran Aljazair. disini lah Zidane dilahirkan. Meski terletak di kota besar, namun suasana di La Castellane menawarkan gaya hidup mirip Taguemoune.

 2. Olahraga merupakan pelajaran favorit Zidane di sekolahnya.
            Zidane kecil biasa dipanggil Yazid yang artinya kejayaan. sudah menjadi bakat alam, zidane tak pernah bosan menendang dan menggiring bola. selain itu, zidane sering balapan lari dan bersepeda bersama tetangganya. seperti kebanyakan orang di perancis, zidane juga hobi menyaksikan pertandingan sepakbola di televisi. yang paling ditunggu-tunggu zidane adalah saat para pemain memperagakan teknik bermain bola yang indah.
                 Layaknya bocah di bawah usia 7 tahun, Zidane kecil juga harus masuk sekolah umum. meski tak menyukai dunia akademis, Zidane mengamini permintaan orangtuanya. Lantaran terlalu sering bermain bola, prestasi akademik Zidane tak berjalan mulus. waktu yang paling disukai Zidane di sekolah hanyalah jam olahraga. Jika teman-temannya lebih suka bermain voli atau basket, Zidane tetap bermain sepakbola. Beberapa guru mengaku terpukau dengan bakat Zidane yang luar biasa
           
3. Enzo francescoli adalah sosok pemain idola zidane
                 Seperti halnya anak kecil lainnya, Zidane juga punya idola sepakbola. uniknya Zidane tidak mengidolakan pemain hebat sekelas Maradona atau Pele. Zidane justru kepincut dengan aksi Enzo Francescoli, striker asal uruguay yang saat itu bermain di Olympique de Marseille.
                     Di mata Zidane, Enzo Francescoli adalah sosok ideal untuk dijadikan panutan. selain lincah dan cerdik dilapangan hijau, Enzo Francescoli juga tampil bersahaja saat diluar lapangan. banyak gerakan Zidane meniru Enzo, terutama kepiawaian Enzo dalam mengumpan jarak jauh dan mencetak gol. Saking ngefansnya, Zidane berniat memberikan nama Enzo jika kelak memiliki anak. Hal ini dibuktikan dengan Zidane memberikan nama anaknya Enzo Zidane, yang saat ini tercatat sebagai kiper Real Madrid Castilla.

Itulah sedikit fakta mengenai Zinedine Zidane, yang diakhir karirnya menimbulkan kontroversi dengan menanduk Marco Materazzi di final piala dunia 2006 saat Italia menundukkan Perancis lewat adu penalti. 

David Beckham, rekan Zidane saat di real madrid
Sejak dulu saya mengagumi teknik bermain Zidane. Di mata saya, ia bagaikan penari balet. gerakannya luwes dan terarah. Saya senang bisa bermain bersama dia di Real Madrid. Saya banyak belajar dari sifatnya yang ramah dan tidak suka menyakiti orang lain.





sumber : biografi Zinedine Zidane. Imam "gem" Sufaat

No comments:

Post a Comment